Selasa, 03 Juli 2012

cara gulung ulang sepul cdi

Sepul CDI merupakan komponen yang vital dalam sistim pengapian motor maupun mobil.
sepul CDI  pada sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian :
1.CDI sistim kering biasanya terdapat pada motor Honda Grand,Yamaha Rx-king,Honda supra
   dan lain-lain.
    Ciri yang sangat menonjol adalah tidak teredam oli
2.CDI sistim basah biasanya terdapat pada motor Honda Kharisma,Yamaha Vega model lama
    dan lain-lain.
    Ciri yang sangat  menonjol tidak terendam oli.
Sepul CDI umumnya menggunakan kawat email dengan ukuran :
    0,12
    0,13
    0,14
    0,15
    0,16
Sebelum menggulung ulang sepul CDI bersihkan sisa kawat yang masih menempel pada tempat CDI tersebut serapi mungkin dan jika tempat sepul cdi tersebut rusak buatlah tempat cdi tersebut dari bahan yang tidak mudah terbakar,gunakan pertinak(papan pcb) yang ditipiskan dengan gerinda listrik.Kerapian menggulung ulang spul CDI sangat perlu di perhatikan demi sempurnanya bunga api ke busi.Lilitan yang asal jadi akan mengakibatkan sepul CDI cepat terbakar apalagi jenis kawatnya yang di bawah standar.

Kawat email yang sering di gunakan biasanya berukuran 0,14 - 0,15 cocok di gunakan pada motor Honda Grand,Motor China,Yamaha Vega,Yamaha Crypton dan lain-lain.

posting selanjutnya..

Mengapa sepul CDI Cepat terbakar(gosong) ?
Setelah sepul CDI di gulung tidak keluar tegangan ?
Sepul di tester OK tapi tidak keluar pengapian ?
 

1 komentar:

  1. bagaimana kalau bunga api yang di keluarkan berlebihan dan membuat semua lampu pada sepeda motor putus ??

    BalasHapus

Masukkan komentar anda